Minggu, 10 November 2013

Pedoman Gizi Seimbang (PGS)

Pedoman gizi seimbang (PGS) adalah susunan makanan sehari-hari yang mengandung zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh. Gizi seimbang memerhatikan empat prinsip, yakni variasi makanan, pentingnya pola hidup bersih, pentingnya pola hidup aktif dan olahraga, serta pemantauan berat badan ideal. yang menyamaratakan kebutuhan gizi semua orang, PGS berprinsip bahwa tiap golongan usia, jenis kelamin, kesehatan, dan aktivitas fisik memerlukan gizi yang berbeda sesuai dengan kondisi masing-masing kelompok.

Makanan yang beranekaragam
Membiasakan makan makanan beranekaragam. Karena tak ada satupun makanan yang mengandung seluruh zat gizi yang dibutuhkan tubuh, kecuali ASI (air susu ibu) untuk bayi sampai umur 6 bulan. Pola makan bergizi seimbang mengatur secara proporsional keragaman golongan makanan, baik dalam jenis maupun jumlah sesuai kebutuhan.

Pola Hidup Bersih

Pentingnya pola hidup bersih dan sehat, seperti mencuci tangan sebelum makan dengan air bersih dan sabun, menjaga kebersihan mulut dan gigi menyajikan makanan dalam keadaan selalu tertutup agar tidak mudah dihinggapi lalat dan serangga, memasak makanan dengan dengan suhu yang tepat agar dapat mematikan kuman serta mencucui sayur dan buah, serta memilih jajanan yang aman dan bergizi.

Pola Hidup Aktif dan Berolahraga
Kusahakan agar tubuh senantiasa aktif bergerak, olahraga tidak perlu mahal, cukup sisihkan waktu 15-30 menit setiap hari dengan membiasakan. Aktivitas fisik diperlukan remaja untuk menjaga BB ideal dan kebugaran tubuh seperti membereskan kamar tidurnya, berkebun, menyapu atau mengepel, sedangkan olahraga yang menyehatkan bagi remaja, contohnya, sepakbola, bola basket, bola voli, badminton, bersepeda, renang, jogging, skipping dll. Aktivitas yang tinggi juga perlu diimbangi dengan istirahat yang cukup seperti tidur dalam 8 jam/hari.

Memantau Berat Badan Ideal
Memahami dan mempraktikan pola hidup sehat berprinsip gizi seimbang merupakan salah satu upaya mencapai dan mempertahankan BB ideal demi kesehatan dan kebugaran tubuh,


Rumus Berat Badan Ideal (BBI)
BBI= (TB—100) x 10% (TB—100)
Keterangan:
TB: Tinggi Badan (cm)
BBI: Berat Badan Ideal

Rumus Indeks Massa Tubuh (IMT)
IMT= BB
        TB2

Keterangan:
IMT: Indeks massa tubuh (Kg/m2)
BB: Berat Badan (Kg)
TB: Tinggi Badan (m)

1 komentar:

Anonim mengatakan...

dicobain deh